Reptil sebagai peliharaan ??? why nott !!!




Sebelumnya saya ucapkan  selamat datang di blog sederhana ini.

Blog hobireptil ini bertujuan ingin berbagi informasi mengenai apa saja serba-serbi yang ada di dunia hobi dunia reptil itu, hal-hal yang akan kita bahas di blog ini adalah meliputi  :

  1. Jenis-jenis reptil menurut species dan subspecies nya.
  2. cara pemeliharan,kandang dan enviropment
  3. penyakit, pencegahan dan penanggulangan.
  4. morp dan lain sebagainya.

Untuk pertama-tama kenapa reptil, kenapa kita mau memelihara hewan yg bagi sebagian orang adalah menakutkan,menjijikan,bahaya, bermuka jelek ( Nama nya juga muka hewan mana ada yg cakep!!! 😂 ) dan berbagai macam alasan-alasan lainnya yang bisa membuat orang untuk menjauhi ,membenci, dan yang lebih parah membunuh mahluk ciptaan Tuhan ini.
selain alasan-alasan logis mengapa reptil ini berbahaya seperti karena beracun,bisa menggigit, bisa memangsa orang, dan lain hal sebagainya, Ada juga alasan mitos yg membuat orang cukup segan cenderung takut terhadap reptil ini.

Akan tetapiiii..apakah semua hal itu benar ???? maka kita bahas disini.

  • reptil hewan Menakutkaan & menjijikandefinisi menakutkan itu sendiri sebenarnya agak abstract. bisa jadi reptil termasuk hewan yang mengerikan bagi orang yang belum pernah berinteraksi sama sekali dengan hewan ini. akan tetapi fakta kebanyakan reptil-reptil yg sudah dipelihara mulai bayi oleh para pehobies reptil malahan bisa menjadi hewan yang jinak,lucu,mengemaskan,cantik dan unik. saya rasa disini semua masalah terbiasa, kalau kita sering berinteraksi dengan reptil maka lama-lama kita akan familiar dengan reptil tersebut dan seterusnya malah bisa membuat kita jatuh hati dan mabuk kepayang ke hewan satu ini. contoh kasus pengalaman yang terjadi di keluarga saya sendiri. pada awal saya memelihara reptil yang pada saat itu dar jenis ULAR 😟,keluarga saya otomatis protes karena dianggap berbahaya, beracun, jelamanan iblis 😂, dan lain sebagainya. tapi saya memang bandel tetep saja saya pelihara ular itu. selanjutnya pelan-pelan saya berikan edukasi mengenai hewan yang saya pelihara tersebut, saya berikan pengertian hal-hal fakta tentang reptil ini, saya buat kan kandang yg bagus supaya enak untuk dilihat,kemudian mulai untuksaya suruh pegang ( tapi masih dalam pengawasan saya ) dan akhirnya alhamdulillah lama-lama keluarga saya mau menerima kehadiran reptil-reptil peliharaan saya,bahkan saya di suport untuk memelihara dengan prasarana yg lebih baik lagi
  • reptil hewan yang berbahaya : tidak dipungkiri reptil bisa menggigit, mencakar, menyabet dan hal-hal mengerikan lainya. akan tetapi hal ini merupakan suatu yang lumrah pada semua hewan, bahkan kadang kala hewan yang terkenal jinak seperti kucing pun bisa menggigit dan mencakar pemiliknya. hal ini pada dasarnya adalah merupakan instinct alami yang dipunyai oleh semua hewan. instinct ini berguna untuk bertahan hidup di alam liar dari ancaman pemangsa dan gangguan-gangguan yang terjadi di alam lainya. akan tetapi, reptil-reptil yang di pelihara mulai bayi dan penuh dengan kasih sayang itu sendiri bisa menjadi hewan yang jinak dan lucu. Dan ketika reptil ini sering berinteraksi dengan kita maka instinct mereka akan terbiasa dengan kita si pemelihara dan menggangap kita bukan lah suatu ancaman. akan tetapi disini kita harus menggaris bawah i instinct liar ini tidak lah hilang cuma berganti menjadi jauh lebih "tame" terhadap manusia. jadi tetap ada kemungkinan bagi mereka untuk spontan menjadi galak karena faktor yg tidak biasa seperti stress ( kaya yg punya 😁 ),kurang kasih sayang (jabalayy ), musim birahi,sakit dan lain hal sebagainya. tetapi ketika faktor-faktor yg membuat mood mereka berubah ini tadi hilang, maka biasanya mereka akan kembali jinak kembali.
  • reptil hewan jelek dan tidak menarik : saya rasa kita sebagai manusia ketika melihat semua hewan akan bermuka jelek,dan mungkin juga sebaliknya bagi hewan melihat kita manusia juga berwajah jelek 😃..tapi sekali lagi semua itu hanya masalah kebiasaan..ketika kita terbiasa melihat hewan ini khusus nya reptil, maka kita akan tau dimana letak keindahan mahluk ciptaan tuhan ini..sebagai gambaran contoh ular-ular yg dulu cuma mempunyai warna dan corak motif ( pattern ) yang itu-itu saja, belakangan ini telah berkembang menjadi beraneka ragam morp ( jenis mutasi ) cantik yang beraneka ragam. dibawah ini saya coba cantumkan contoh ular yg sudah masuk kategori morp
ular ball python (python regius)



 Boa constrictor imperator


 Burmese ( python molurus bivitatus )



Okeee..setelah kita membahas alasan-alasan kenapa kita TIDAK memelihara reptil..sekarang kita bahas alasan-alasan kenapa kita LAYAK memelihara reptil.

  • Tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. didalam pemeliharaan reptil kita tidak perlu membutuhkan banyak waktu dan tenaga, karena kebanyakan reptil tidak perlu membutuhkan pakan setiap hari, memang ada yang perlu di beri makan setiap hari, biasa nya spesies reptil yang perlu di beri makan setiap hari berasal dari reptil herbivora seperti iguana, keluarga tortois dan beberapa anggota lizard, akan tetapi karena makanan reptil herbivora tersebut sayur-sayuran maka kita tidak akan repot dalam menyiapakan makanan nya, dan frekuensi pemberian makan nya cukup sehari sekali sesuai porsi yang dibutuhkan.
  • Mudah dalam perawatan. karena pola makan nya yang tidak setiap hari, kotoran reptil tidak perlu di bersihkan setiap hari, meskipun untuk reptil yang sifatnya perlu makan setiap hari, kotorannya pun tidak sebanyak dan sebau hewan lain dari golongan mamalia atau burung yang notabene nya juga memerlukan makan setiap hari. untuk beberapa jenis spesies reptil memang membutuhkan sinar matahari agar mereka bisa melakuan metabolisme vitamin D, beberapa reptiler biasa nya melakuan penjemuran dibawah sinar matahari untuk hal ini, akan tetapi hal ini bisa di siasat i dengan memberikan lampu UVB dan lampu spot di kandang reptil untuk menggantikan fungsi sinar matahri, bisa juga dengan memberikan suplement kalsium tambahan di pakan nya agar kebutuhan vitamin D bisa terpenuhi tanpa perlu menjemur reptil tersebut setiap hari.
  • Tidak membutuhkan tempat yang luas. kebanyakan reptil bukan lah termasuk hewan yang aktif bergerak. sehingga mereka tidak membutuhkan kandang dengan ukuran yang besar dan luas, beberapa reptil dari golongan lizard memang termasuk hewan yang aktif, untuk hewan aktif seperti ini kita cukup berikan kandang dengan ukuran dua kali panjang tubuhnya, sehingga mereka masih bisa leluasa bergerak. untuk masalah kandang atau tempat pemeliharaan reptil ini sendiri, sebenarnya yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar mereka akan tumbuh dan seperti apa karakter mereka sehari-hari, untuk reptil yang bisa tumbuh sampai mencapai ukuran besar / jumbo  maka otomatis kita juga perlu memberikan kandang yang sesuai dengan ukuran tubuhnya, tetapi hal ini bukan berarti kita perlu memberikan kandang yang berukuran berkali-kali lipat dari ukuran tubuhnya.karena reptil sendiri bisa cukup merasa nyaman tinggal di tempat yang ukurannya hanya dua kali besar tubuhnya. 
  • Termasuk hewan yang kuat. dari mulai jaman dinosaurus sampai sekarang, reptil adalah salah satu hewan yang mampu bertahan hidup tanpa banyak evolusi. hal ini membuktikan bahwa spesies reptil ini adalah termasuk hewan yang kuat bertahan di kerasnya kehidupan. didalam hal penyakit pun, reptil ini termasuk hewan yang paling sedikit memiliki penyakit dibandingkan hewan dari kelas lainya. dan pengalaman saya pribadi memang reptil ini jarang yang terkena penyakit asalkan kita benar dalam hal perawatan nya, kunci nya agar reptil yang kita pelihara ini bisa sehat selalu adalah cukup dengan memahami kebutuhan dasar apa saja yang diperlukan dalam merawat reptil tersebut, dan kita cukup memenuhi kebutuhan-kebutuhan nya tersebut.
  • Hewan yang mengagumkan dan eksotis siapa yang menyangkal sebagai hewan peliharaan, reptil itu bukan lah hewan yang unik ?? hampir semua orang setuju bahwa reptil itu unik, tidak lumrah, membuat penasaran, mengagumkan dan biasa nya bisa menambah tingkat kegantengan / kecantikan orang yang membawanya beberapa persen ( okey ini lebay ). tak bisa di pungkir i kesan reptil yang buas, liar , kejam membuat orang yang membawanya terlihat macho karena di kira bisa menundukan hewan buas ini. alasan itulah yang membuat reptil menjadi salah satu hewan yang sangat di gemari untuk dipelihara, karena kecantikan nya juga karena ke eksotisan nya

Selain alasan-alasan di atas ada lagi beberapa point mengapa reptil pantas menjadi hewan peliharaan. seperti kita ketahui reptil merupakan sebuah class yang mempunyai 4 ordo yaitu crocodillia ,spenodontia,squamata,dan testudinata.
4 ordo reptil tadi masih terbagi berbagai lagi oleh family,genus,species dan subspecies yang jumlahnya mencapai ribuan jenis. dengan banyaknya aneka ragam spesies-spesies reptil di bumi ini, membuat kegiatan memelihara reptil menjadi suatu hal yang menarik dan sangat menyenangkan.

Kita bisa mulai mengoleksi species yang menarik bagi kita..dan tentunya species-species yang menjadi koleksi kita ini tidak termasuk dalam kategori hewan yang di lindungi (apendix). selanjutnya ketika kita sudah mempunyai reptil untuk dipelihara,kita bisa memulai untuk belajar tentang bagaimana cara bisa memelihara dengan baik dan benar sehingga reptil tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik..dan ketika kita sudah bisa memelihara dengan baik dan benar kita bisa melanjutkan unutk belajar mengembang biak an reptil tersebut ( breeding ). pada saat ketika kita sudah paham masalah perkembang biak an / breeding kita bisa bermain dengan persilangan morp dan cross locality atau pun cross subspecies..
Nahhh ketika kita sudah bermain morp , locality ,dan subspecies. disini lah letak keasyikan bermain reptil itu sendiri..kita bisa merencanakan / memperkirakan kira-kira seperti apa hasil anakan -anakan reptil yang akan kita breeding nanti nya. permaianan genetika disini yang memegang peranan penting dalam hal designer morp. dan tentunya kita harus paham masalah hukum genetika-genetika dasar pada reptil yg hendak kita breeding tersebut. ada juga hukum etika yang seharusnya kita patuhi mengenai penamaan morp-morp baru hasil breeding kita.

Masalah breeding dan morp untuk kedepannya akan kita bahas lebih dalam lagi..intinya masalah pemeliharaan sampai ke breeding reptil adalah suatu hal yang menyenangkan.

saya rasa sekian dulu isi tulisan yang saya kali ini. semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua agar mau mengenali apa itu reptil sendiri..dan ketika kita sudah mengenal maka harapanya adalah kita bisa lebih mencintai..ketika sudah mencintai maka kita akan berusaha untuk melestarikannya.

saya ucapkan terima kasih karena sudah bersedia berkunjung dan membaca tulisan saya yang tidak berbobot ini, sampai jumpa pada artikel-artikel kami lainya.

Salam darah dingin 😎

Komentar

Postingan Populer