Apa itu Reptil ???


Hallo apa kabar reptilers semuanya ???  saya harap reptilers semua dalam kondisi sehat dan baik semuanya

Pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas tentang apa yang dimaksud dengan hewan reptil itu sendiri ?? hewan seperti apakah yang masuk kategori kelas reptil ?? dan species apakah yang paling sering dipelihara oleh para pencinta reptil itu sendiri ??

Menurut situs wikipedia reptilReptil (binatang melata) adalah sebuah kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptilia adalah tetrapoda (hewan dengan empat tungkai)saat ini mereka dikelompokkan sebagai:
  • Ordo crocodillia (buaya, garhialcaiman, dan alligator): 23 spesies
  • Ordo sphenodontia (tuatara Selandia Baru): 2 spesies
  • Ordo squamata (kadal,ular dan amphisbaenia ("worm-lizards")): sekitar 7.900 spesies
  • Ordo testudinata (kura-kura, penyu, dan terrapin): sekitar 300 spesies
Karena beberapa reptil lebih erat terkait dengan burung daripada dengan reptil lain (buaya lebih erat terkait dengan burung daripada dengan kadal), banyak ilmuwan modern lebih memilih untuk membuat kelas Reptil menjadi pengelompokan monofiletik, yang saat ini mengandung lebih dari 10.000 spesies.
Mayoritas reptil adalah ovipar (bertelur) meski beberapa spesies Squamata bersifat vivipar (melahirkan). Reptil vivipar memberi makan janin mereka menggunakan sejenis plasenta yang mirip dengan mamalia.
Ukuran reptil bervariasi, dari yang berukuran hingga 1,6 cm (tokek kecil, Sphaerodactylus ariasae) hingga berukuran 6 m dan mencapai berat 1 ton (buaya air asin, Crocodylus porosus). Cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari reptil adalah herpetologi. dan sekedar info, disini saya sendiri bukanlah seorang herpetologi, saya hanya lah sebatas penghobi reptil yang belajar bagaimana caranya memelihara reptil dengan baik dan benar 😊.
Dari ke empat ordo reptil, yang paling banyak dipelihara oleh para penghobies reptil adalah berasal dari ordo squamata ( ular & kadal ). karena selain memiliki species terbanyak (sekitar 7.900 species),ordo squmata lebih mudah di temui di alam bebas..yang kedua terbanyak dipelihara adalah ordo testudinata (kura-kura darat maupun air ).dan ketiga terbanyak adalah dari ordo crocodillia yang saya rasa jarang dipelihara oleh penghobies reptil karena ukuran nya yg bisa menjadi besar / raksasa, selain itu juga ordo ini memerlukan keahlian lebih dalam pemeliharaan nya. dan terakhir ke empat adalah ordo sphenodontia yang memiliki anggota species paling sedikit dan langka..saya sendiri sampai detik ini belum pernah melihat perwujudan dari hewan ordo spenodontia selain dari google 😃


Ordo squamata sebagai ordo dengan jumlah pemelihara terbanyak secara garis besar dikategorikan  tiga kategori yaitu :
  • Lacertilia, kadal ( lizards ). kebanyakan yang di pelihara dari golongan ini adalah dari keluarga gecko , varanidae,agamidae , dan iguania
  • Serpentes, ular (snakes ). kebanyakan yang di pelihara dari golongan non venomous seperti python , boa ,dan colubrid
  • Amphisbaenia, worm lizards sayang nya worm lizard ini saya belum pernah melihat orang yang pernah memelihara nya




Ordo testudinata. dengan jumlah pemelihara terbanyak kedua,sebenarnya memiliki banyak subordo,sayang nya diantara subordo itu banyak yang telah punah. dan yg masih ada sampai sekarang adalah dari subordo testudines (kura-kura modern ) yg secara garis besar memiliki 3 kategori yaitu : 
  • Turtle ( kura-kura air laut / penyu ) jarang dipelihara sebagai pet di karena kan kebanyakan species ini dilindungi
  • Tortoise ( kura-kura darat ) paling banyak di pelihara dan kebanyakan anggota tortoise itu sendiri mempunyai harga pasaran yang lebih mahal..bahkan ada species semisal aldabra ( Aldabrachelys gigantea ) harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah 😮
  • Terrapin ( kura-kura air tawar / payau ). yang masuk kategori terrapin biasanya biasnya adalah kura-kura yang berukuran kecil dan mempunyai cangkang yang keras..anggota terrapin ini juga banyak di jadikan pet oleh penghobies reptil seperti kura-kura diamond back, kura-kura red ears sliders (kura-kura res / brasil )



Ordo crocodillia  ketiga terbanyak yang dipelihara oleh para penghobies reptil. secara garis besar ordo ini juga memiliki tiga kategori yaitu :
  • Crocodiles (buaya sejati 😎) kebanyakan spesies anggota dari subordo ini bisa memiliki ukuran yang fantastis besar nya. dan memiliki karakter yang susah untuk ditebak meyebabkan jarang penghobies dari subordo ini. contoh spesies yang masuk dalam kategori ini dan banyak di pelihara oleh penghobies reptil adalah buaya muara ( crocodylus porosus ).
  • Aligatoridae (buaya aligator ) kebanyakan berasal dari benua amerika. Memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada anggota subordo crocodiles, tetapi karakternya sama-sama bringas 😂. contoh spesies yang banyak di pelihara dari kategori aligatoridae ini adalah aligator caiman ( caimaninae ) 
  • Gavialidae (buaya moncong runcing ) habitat nya berasal dari sungai indus yang terbentang dari nepal sampai pakistan. memiliki spesies anggota paling sedikit,dan populasi dari gavialidae ini sudah mulai langka sehingga jarang di jadikan hewan peliharaan





Ordo sphenodontia ordo terakhir ini memiliki anggota paling sedikit, salah satu anggota dari ordo ini adalah tuatara yang merupakan satwa endemik selandia baru..status nya sangat dilindungi karena populasinya yang semakin langka menjadi akn reptil ini bukan sebagai hewan peliharaan

Dari empat ordo yang telah disebutkan diatas, cuma tiga ordo yang memiliki species-species yang biasa dipelihara oleh para penghobies reptil. harapan saya pribadi, bijaklah dalam memilih species reptil yang hendak dipelihara. selain mempertimbangkan faktor kesulitan dan resiko pemeliharaan dan prasarana yg dibutuhkan, juga yang perlu di perhatikan adalah status populasi nya di alam liar itu sendiri. jangan sampai karena keserakahan kita umat manusia, hewan cantik ini nanti akan menjadi punah dan hanya meninggalkan kenangan untuk generasi penerus kita. sebenarnya saya pribadi yakin jika hewan reptil ini berada di tangan para penghobies yang benar-benar mencintai reptil nya, kelangsungan hidup dari hewan-hewan tersebut akan terjamin, tapi sekali lagi dengan catatan penghobies yang benar-benar mencintai reptilnya dengan seluruh jiwa raga 😎.

Saya rasa cukup sekian dulu tulisan saya kali ini. saya ucapkan terima kasih karena sudah berkenan berkunjung dan membaca tulisan saya yang tidak berbobot ini. akhir kata sampai jumpa di tulisan-tulisan blog hobi reptil selanjutnya.

Salam darah dingin 😎


Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Reptile
               https://en.wikipedia.org/wiki/Squamata
               https://en.wikipedia.org/wiki/Turtle
               https://en.wikipedia.org/wiki/Crocodilia
               https://en.wikipedia.org/wiki/Tuatara

Komentar

Postingan Populer