Kebutuhan dasar reptil : hal-hal apa saja yang perlu di siapkan sebelum memulai memelihara reptil






Hallo eperi badiihh, apa kabar para reptilers semua ?? saya harap semuanya dalam keadaan baik dan sehat-sehat saja.

Sebelumnya saya ucapkan Selamat datang di blog hobi reptil ini.

Pada tulisan saya kali ini, saya ingin mencoba untuk membahas, masalah apa saja yang perlu kita pikirkan dan kita siapkan sebelum kita mulai memelihara suatu hewan atau reptil pada khususnya.

Seperti kita ketahui, bagi seorang pecinta hewan, kegiatan memelihara hewan adalah suatu hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. kegiatan memelihara hewan ini juga bisa menjadi hiburan tersendiri bagi orang yang melakukan nya, bahkan bagi sebagian orang kegiatan memelihara hewan ini bisa menjadi suatu mata pencarian atau profesi jika orang tersebut, benar-benar mau mendalami nya.

Walaupun kegiatan memelihara hewan ini merupakan hal yang sangat menyenangkan, akan tetapi ada kalanya memelihara hewan ini bisa menjadi hal yang sangat merepotkan, atau bisa juga menjadi suatu pemborosan, atau malahan bisa menjadi hal yang sia-sia untuk dilakukan. jadi sebelum kita benar-benar memutuskan untuk memelihara suatu hewan, alangkah baiknya kita memikirkan dulu matang-matang hal-hal berikut ini :

  • Minat dan kecintaan . sebelum anda memutuskan untuk memelihara suatu hewan, pikirkan lagi menggunakan hati dan pikiran anda, hewan apakah yang sekiranya cocok untuk anda pelihara ?? jangan buru-buru dalam menentukan pilihan hewan apa yang cocok anda pelihara nanti, carilah literatur-literatur di majalah, koran,televisi, internet maupun media informasi lainya tentang hewan-hewan peliharaan yang layak untuk anda pelihara. jika anda masih mengalami kebingungan dalam hal menemukan hewan apa cocok untuk anda pelihara, maka coba lah untuk berkunjung ke sebuah komunitas pecinta hewan, atau bisa juga anda berkunjung ke sesorang penghobies hewan, ketika anda berkunjung ke sebuah komunitas atau ke seorang penghobies hewan , anda bisa mulai bertanya-tanya seputar hewan yang mereka pelihara, apa saja yang dibutuhkan untuk memelihara hewan tersebut ?? kesulitan-kesulitan apa saja yang terjadi ketika memelihara hewan tersebut ?? atau anda bisa bertanya hal lainya yang sekira nya menurut anda perlu untuk di tanyakan. ketika anda sudah selesai dengan pertanyaan-pertanyan tersebut dan tentunya anda juga sudah mendapatkan jawaban-jawaban nya, maka selanjutnya anda bisa mencoba untuk berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut, coba rasakan ikatan batin ketika anda pertama kali berinteraksi dengan hewan tersebut. rasakan dengan hati, adakah perasaan " klik "  ketika pertama kali berinterkasi dengan hewan tersebut ?? jika ada, maka mungkin anda sudah bisa menentukan hewan apa yang akan anda pelihara nanti. pastikan perasaan anda tadi tidak palsu, jangan sampai minat dan kecintaan anda nanti luntur karena merasa bosan, atau karena merasa memelihara hewan tersebut sudah tidak menarik lagi, sehingga mengakibatkan hewan yang anda pelihara tadi menjadi terbengkalai tidak terawat dan akhirnya hewan tersebut malahan akan mati. jadi sekali lagi,sebelum anda memutuskan untuk memelihara suatu hewan, pikirkan lagi matang-matang masalah komitment anda dalam memelihara hewan tersebut.
  • Waktu dan Tenaga. ketika anda sudah memiliki alasan untuk mulai memelihara suatu hewan, maka jangan lah anda buru-buru untuk memutuskan membeli hewan tersebut, masih ada hal lain yang perlu anda pikirkan yaitu masalah waktu dan tenaga yang anda miliki kedepanya. waktu dan tenaga ini sangat penting dalam hal kegiatan pemeliharaan hewan, karena ketika kita sudah memutuskan untuk memelihara suatu hewan, maka sedikit banyak waktu dan tenaga kita akan terpotong untuk merawat hewan tersebut. ada beberapa hewan yang tidak mememerlukan waktu setiap hari dalam perawatanya, ada beberapa hewan yang membutuhkan perawatan harus setiap hari, dan bahkan ada pula hewan yang membutuhkan perawatan sehari bisa beberapa kali. inilah yang benar-benar perlu kita pikirkan lagi sebelumnya, jangan sampai kegiatan memelihara hewan ini bisa mengganggu rutinitas kita sehari-hari, dan sebaliknya, jangan sampai karena kesibukan rutinitas kita, mengakibatkan tidak terawat nya hewan yang kita pelihara nanti. ketika waktu sudah menjadi kendala dalam memelihara hewan, maka hal ini akan menjadi cobaan yang berat 😄 , bagi kita sendiri dan lebih berat lagi bagi hewan yang kita pelihara. untuk itu sekali lagi pikirkan baik-baik masalah waktu dan tenaga yang kita punyai kedepanya, agar tidak menjadi beban bagi kita sendiri selaku pemelihara, terlebih lagi bagi hewan yang kita pelihara nanti kedepanya.
  • Fasilitas dan Prasarana. hal ini juga sangat penting untuk di pikirkan matang-matang kedepan nya, karena fasilitas dan prasarana ini sangat menentukan bisa tidak nya hewan yang kita pelihara nanti bisa hidup dan berkembang dengan maksimal. sebelum memutuskan memilih hewan apa yang akan dipelihara, hendaknya anda mencari info dulu seputar fasilitas dan prasarana apa saja yang dibutuhkan hewan tersebut. anda bisa mulai mencari info masalah peralatan dan hal apa saja yang dibutuhkan untuk memelihara hewan tersebut. info tersebut bisa mengenai tentang kandang seperti apa yang dibutuhkan nanti ?? peralatan pendukung apa saja yang dibutuhkan ?? pakan seperti apa yang dibutuhkan dan bagaimana ketersedian pakan tersebut di sekitar lingkungan anda ?? adakah tenaga ahli dan medis yang mampu membantu anda jika hewan tersebut mengalami sakit nantinya ?? dan bagaimana respond lingkungan anda terhadap hewan yang anda pelihara. ketika anda sudah mempunyai cukup info seputar hewan yang akan anda pelihara, maka anda sudah cukup mampu untuk memperkirakan, apakah anda mampu atau tidak dalam memfasilitasi dan memberikan prasarana yang dibutuhkan tersebut. jika anda merasa mampu untuk memfasilitasi dan memenuhi prasarana yang di butuhkan hewan tersebut, maka saya rasa anda layak untuk memelihara hewan tersebut. Akan tetapi jika anda merasa berat untuk memenuh i fasilitas dan prasarana yang dibutuhkan hewan tersebut maka jangan lah memaksa untuk melanjutkan rencana memelihara hewan tersebut. karena hal ini lagi-lagi akan menyusahkan diri anda pribadi, dan terlebih lagi akan menyiksa hewan yang akan anda pelihara nanti.
  • Ekonomi. memelihara hewan bukan lah kegiatan yang berlangsung hanya sesaat. memelihara hewan adalah kegiatan yang membutuhkan komitmen tinggi dalam pelaksanaan nya. anda bisa saja memelihara hewan itu hanya dalam hitungan minggu, atau bulan saja. akan tetapi seseorang pecinta hewan sejati biasanya akan memelihara hewan tersebut mulai dia kecil sampai dewasa sampai mampu berkembang biak bahkan ada yang memelihara sampai ajal tuhan menjemput hewan tersebut. hal ini berarti, untuk pecinta hewan sejati mereka akan membutuhkan waktu yang lama dalam pemeliharaan hewan tersebut. karena lamanya waktu pemeliharaan hewan tersebut, biaya yang dibutuhkan untuk memberikan fasilitas dan prasarana nantinya juga akan relatif lebih banyak. hal ini  juga harus di pertimbangkan matang-matang. anda harus bisa mengestimasi berapa biaya dalam perawatan hewan itu dalam jangka waktu tertentu misal sehari,seminggu atau sebulan. dan anda bisa mencocokan dengan kondisi keuangan anda saat ini dan saat kedepan nya. jika dirasa terlalu berat, saya sarankan jangan di paksa untuk rencana memelihara hewan tersebut, dan yang lebih parah lagi, jangan sampai karena anda sangat ingin nya, memelihara hewan yang secara ekonomi memberatkan, anda nekat berhutang ke bank 😄, atau nekat menghalakan segala cara seperti korupsi , kolusi maupun ngepet. atau pun melakukan tindakan gila lainya, yang akhir nya hanya menyusahkan diri anda pribadi dan keluarga tentunya.  


ketika anda sudah memikirkan dengan khidmat dan penuh penghayatan ke empat hal yang saya sebutkan diatas. maka anda akan mulai mempunyai gambaran untuk melanjutkan rencana memelihara hewan tersebut atau tidak. sekali lagi ke empat hal tadi harus benar-benar kita mampu dalam memenuhi nya, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap diri anda sendiri juga terhadap hewan yang akan anda pelihara.

Sebagai seorang pecinta reptil, saya akan mencoba menyarankan anda untuk mempertimbangkan dalam memelihara reptil. kenapa reptil yang dipilih sebagai hewan peliharaan?? apa kelebihan memelihara reptil dibandingkan hewan lainya ?? untuk mendapatkan jawaban pertanyaan tersebut anda bisa membaca artikel saya di  reptil sebagai peliharaan ??? why nott !!

Selanjutnya jika anda sudah selesai membaca tulisan saya mengenai reptil sebagai peliharaan ??? why nott !! dan anda merasa mulai tertarik untuk memelihara reptil, maka saya akan memberikan hal-hal apa saja yang perlu di siapkan dalam memelihara hewan reptil tersebut :

  • Keuangan , duit , fuluss : hal paling penting pertama yang perlu di siapkan tentunya adalah uang. jika anda ingin membeli seekor reptil pertama anda, usahakan membeli reptil yang berasal dari hasil budi daya atau captive breed atau biasa di singkat CB ( alasan kenapa dan manfaat apa memilih reptil hasil CB akan kita bahas lagi di artikel artikel yang lain ). biasanya harga reptil CB jauh lebih mahal dari pada reptil hasil tangkapan liar. karena itu anggarkan dana lebih, jika anda ingin membeli reptil hasil CB. selanjutnya siapkan dana untuk kandang dan infrastruktur reptil yang akan di pelihara nanti, penuh i semua kebutuhan yang di perlukan agar reptil yang kita pelihara nanti bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. dan selanjutnya siapkan dana untuk biaya pakan nya, pilih kualitas pakan yang mengandung cukup nutrisi. karena pakan itu bisa bermacam-macam kualitas dan kepraktisan, biasanya semakin bagus nutrisi pakan dan semakin praktis dalam penyajian nya maka semakin mahal harganya.


  • Tempat pemeliharaan : hal berikut nya yang perlu untuk di siapkan adalah tempat / lahan untuk pemeliharaan. anda perlu memikirkan dimana nanti nya akan meletakkan kandang reptil anda atau dimana nantinya anda akan melepaskan hewan anda ( model pemeliharaan freeroom ), pertimbangannya adalah seberapa dekat tempat tinggal anda dengan lahan tempat anda memelihara. kalau anda meletakkan kandang anda di lingkungan rumah anda, maka anda perlu mempertimbangkan respond lingkungan anda nanti ada penolakan apa tidak, kalau semisal ada penolakan dan tidak bisa di kompromi kan maka anda bisa mencari tempat lainnya yang aman dari demo keluarga dan warga 😃. tetapi jika tidak ada penolakan atau penolakan itu bisa di kompromikan maka anda bisa menaruh nya dirumah anda. semakin dekat tempat tinggal anda dengan lokasi pemeliharaan maka, semakin ringan pula anda dalam hal pemeliharaan reptil anda nanti.



  • Pengetahuan dan mental : hal selanjut nya yang perlu untuk di siapkan adalah pengetahuan tentang reptil yang akan di pelihara, anda harus mengetahui tentang seluk-beluk reptil yang akan anda pelihara nanti nya, pengetahuan yang diperlukan bisa mengenai pakan, suhu pemeliharaan , perawatan, pantangan-pantangan yang membahayakan, perilaku dan karakter reptil dan lain sebagainya. semakin dalam pengetahuan anda terhadap reptil yang anda pelihara, semakin memudahkan anda dalam proses pemeliharaanya. selain pengetahuan juga yang tak kalah penting adalah mental anda pribadi, biasanya awal-awal pemeliharaan reptil akan ada sedikit banyak kekeliruan, hal ini wajar bagi orang yang sedang proses belajar. yang penting adalah ketika anda mengalami kendala-kendala dalam hal pemeliharaan ini anda tidak putus asa dan menyerah, anda harus kuat mental untuk mencari solusi agar kendala-kendala anda tadi bisa terselesaikan. selalu perpegangan teguh kepada semboyan pantang pulang sebelum bayaran 😄



  • Tenaga ahli dan tenaga medis : hal lain lagi yang perlu anda siapkan dalam pemeliharaan reptil adalah koneksi terhadap tenaga ahli / senior / atau pembimbing yang memiliki pengetahuan yang mumpuni di bidang spesies reptil yang anda pelihara. pastikan pembimbing anda ini mempunyai kredibilitas yang baik di dunia reptil itu sendiri, agar info yang diberikan nantinya tidak salah jalan atau menyesatkan ( kerjaan nya iblis nih 😃 ). jangan sungkan untuk bertanya ke lebih dari satu orang, asalkan anda bertanya dengan sopan dan tahu tata krama dalam " berguru ", pasti pertanyaan anda akan dengan senang hati dijawab. semakin banyak anda memperoleh pembimbing yang benar, semakin cepat dan mudah anda dalam memahami care sheet / pemeliharaan reptil yang anda miliki. selain koneksi terhadap tenaga ahli / pembimbing, anda juga perlu mempunyai koneksi terhadap tenaga medis / dokter hewan. hal ini sangat dibutuhkan pada saat reptil yang kita pelihara mengalami sakit, karena terbatas nya ilmu, pengalaman dan prasarana yang kita miliki, maka tindakan-tindakan medis yang berat dan susah seperti pembedahan, anastesi, atau rontgen atau lainya harus lah dilakukan oleh tenaga medis yang mumpuni di bidang reptil itu sendiri. sehingga tidak terjadi malpraktek yang bisa menyebabkan reptil kesanyangan kita malah berakhir dengan kematian.

Itulah empat hal yang perlu anda siap kan sebelum anda memulai memelihara reptil, selain menyiapkan empat hal diatas, karena banyaknya jenis spesies reptil yang bisa dipelihara, mungkin ada kebingungan spesies apakah yang nanti bisa dipelihara di saat awal-awal anda mulai belajar di dunia reptil. sebagai saran, saya akan memberikan contoh reptil jenis apa yang sekira bisa di pelihara oleh para pemula.

Dari golongan lizard / kadal saya akan menyarankan anda untuk memelihara :


  • Leopard gecko. hewan yang mempunyai habitat asli di gurun, spesies pemakan serangga ini masuk dalam kategori lizard yang berukuran kecil, sehingga mudah dalam penyediaan kandang. terkenal dengan karakter nya yang jinak dan memiliki tingkat perawatan yang relatif mudah membuat reptil ini populer di kalangan pemula reptil. untuk detail masalah leopard gecko kita akan bahas pada artikel tersendiri nantinya


  • Bearded dragon.  hewan penghuni gurun ini juga memiliki karakter yang terkenal jinak. reptil gurun ini termasuk kedalam jenis hewan omnivor sehingga dia bisa makan sayuran juga serangga. untuk diet hewani nya disaran kan untuk tidak memberi protein hewani yang berasal dari selain serangga. untuk ukuran bayi,perawaatan hewan ini memang agak sedikit susah karena rawan nya infeksi sistem pencernaan yang disebabkan memberikan pakan yang terlalu besar dari ukuran tubuhnya. tetapi untuk ukuran dewasa reptil ini lebih cenderung kuat dalam pemberian pakan, asalkan tetap memberi makan protein hewani yang berasal dari serangga. untuk detail masalah bearded dragon kita akan bahas pada artikel tersendiri nantinya

  • blue tongue skink atau lebih di kenal dengan nama panana. merupakan hewan yang hidup dihabitat hutan, berasal dari negara indonesia dan australia. hewan ini juga termasuk reptil dari jenis omnivora. panana ini juga terkenal jinak dan mudah dalam perawatanya. uuntuk detail masalah blue tongue ini kita akan bahas pada artikel tersendiri nantinya

  • Savanah monitor atau biasa di singkat savmon. merupakan hewan dari benua afrika,hewan ini masuk dalam keluarga varanidae dan bisa tumbuh mencapai lebih dari 60 cm. hewan yang masuk dalam jenis karnivora ini cenderung memiliki daya tahan yang kuat,terkenal juga akan karakternya yang mudah jinak serta memiliki tingkat perawatan yang cenderung mudah sehingga menjadikan hewan ini juga cocok untuk pemula. untuk detail masalah savannah monitor ini kita akan bahas pada artikel tersendiri nantinya
Dari golongan snake / ular saya akan menyarankan anda untuk memelihara :

  • Corn snake. hewan ini berasal dari amerika utara. ular yang berasal dari genus collubridae ini juga sudah terkenal dikalangan semua reptiler. selain karkternya yang bagus,perawatanya yang mudah juga karena hewan ini memiliki variasi morp yang banyak, sehingga sangat menyenangkan untuk di pelihara. untuk detail masalah corn snake ini kita akan bahas pada artikel tersendiri nantinya.

  • Ball python. hewan ini berasal dari benua afrika. salah satu ular favorit saya pribadi. terkenal memiliki karakter yang kebanyakan jinak. reptil ini juga memiliki jumlah morp yang buanyakkk, sehingga memelihara hewan ini menjadi hal yang tidak membosankan. untuk detail masalah ball python ini kita akan bahas pada artikel tersendiri nantinya
hewan-hewan reptil yang saya sebutkan diatas, rata-rata memiliki tingkat pemeliharaan yang mudah dan juga terkenal akan sifatnya yang jinak sehingga menjadikan mereka hewan favorit dari masa ke masa. penting nya memilih reptil apa yang bisa kita gunakan untuk awal mula belajar ini juga termasuk penting, karena jika di awal saja kita sudah mencoba memelihara reptil dengan tingkat kesulitan sedang atau tinggi, maka kita akan lebih banyak menemukan kendala. tapi jika anda sudah siap dengan segala hal mengenai persiapan memelihara reptil yang anda ingini, maka saya persilahkan saja untuk mulai mencoba memeliharanya.

Saya rasa sekian dulu artikel ini saya buat, harapan nya setelah membaca artikel ini maka anda mempunyai gambaran hal-hal apa saja yang perlu di siapkan dalam mulai memelihara reptil, sehingga anda tidak akan mengalami kesusahan di kemudian harinya, dan syukur-syukur malahan anda akan mendapatkan kesenangan dan kebahagian dalam hidup anda nanti nya. survey membuktikan bahwa orang yang hidup dalam keadaan senang dan bahagia cenderung lebih memiliki umur yang panjang, tidak melakukan hal-hal negatif ( seperti memecah belah persatuan bangsa 😄 ), dan kecenderungan nya lebih berguna bagi masyarakat sekitarnya ( tidak kriminil 😁 ).

Saya ucapkan terima kasih karena sudah bersedia berkunjung dan membaca tulisan saya yang tidak berbobot ini, sampai jumpa pada artikel-artikel kami lainya.

Salam darah dingin 😎


Sumber : http://www.anapsid.org/parent.html 
                 



Komentar

Postingan Populer